LAPORAN
KULIAH KERJA LAPANGAN PADA
PT.
PERKEBUNAN NUSANTARA DAN
PT.
CISARUA MOUNTAIN DAIRY
SEMARANG
– JAWA TENGAH
DIVERSIFIKASI
USAHA PENDUKUNG
KINERJA
PERUSAHAAN
Disusun oleh kelompok I :
1. Rika
Marta Febriyani (13133100001)
2. Syamsiyati
Puji Lestari (13133100002)
3. Fitriani (13133100006)
4. Rahmad
Hidayanto (13133100007)
5. Badriyah (13133100186)
PROGRAM
STUDI AKUNTANSI
FAKULTAS
EKONOMI
UNIVERSITAS PGRI YOGYAKARTA2015/2016
BAB I
PENDAHULUAN
A.
LATAR
BELAKANG
Persaingan
global yang tajam banyak dihadapi oleh perusahaan-perusahaan, tidak terkecuali
oleh perusahaan milik negara. Persaingan global tersebut merupakan tanda bahwa
semakin pesatnya pertumbuhan usaha yang mendorong masing-masing perusahaan
untuk selalu memberikan yang terbaik dari yang diproduksi selama ini serta
melakukan inovasi agar usaha tersebut mempunyai kemampuan untuk mempertahankan
atau menjaga kelangsungan usaha perusahaan tersebut.
Pada perusahaan yang kami
kunjungi dalam pelaksanaan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) 2016 kemarin, kami melihat
perusahan tersebut dapat menjaga
kelangsungan usahanya, dibuktikan dengan masih beroperasinya produksi kopi
sejak tahun 1911 hingga sekarang dan pengolahan susu dari tahun 2004 hingga
sekarang. Perusahaan yang menjadi tempat kami berkunjung adalah PT Perusahaan
Negara IX penghasil Kopi Banaran dan PT Cisarua Mountain Dairy (Cimory)
mengolah susu dengan teknologi sebagai penambah nilai produk.
Dalam kunjungan industri
tersebut diketahui bahwa perusahan-perusahaan tersebut tidak hanya memiliki
satu bidang usaha saja, tetapi dalam operasionalnya juga melakukan
diversifikasi usaha. Diversifikasi itu sendiri menurut Wikipedia adalah usaha
penganekaragaman produk (bidang usaha) atau lokasi perusahaan yang dilakukan
suatu perusahaan untuk memaksimalkan keuntungan sehingga arus kas perusahaan
dapat lebih stabil, ini dilakukan perusahaan untuk mengatasi krisis ekonomi,
sehingga apabila suatu perusahaan mengalami kemerosotan pendapatan di salah
satu produk atau negara/daerah, di produk atau negara/daerah lain mendapatkan
kelebihan pendapatan, sehingga kekurangan yang terjadi bisa tertutupi. Biasanya
hal ini dilakukan oleh perusahan besar Multi Nasional
Coorporation (MNC) karena dengan demikian perusahaan dapat menjamin
pendapatan / arus kas yang lebih stabil agar meningkatkan kepercayaan pemegang
saham dan sebagai pendorong bagi kelangsungan usaha.
Pada PT Perusahaan Negara IX
dijelaskan bahwa salah satu misi
perusahaan adalah mengembangkan cakupan bisnis melalui diversifikasi uasaha,
yaitu produk hilir, wisata agro dan usaha lainnya untuk mendukung kinerja
perusahaan selain memproduksi dan memasarkan produk utamanya, yaitu karet, teh,
kopi, kakao, gula dan tetes ke pasar domestik dan internasional. Wisata agro
tersebut menjadi diversifikasi usaha dengan pembangunan Banaran Resort dan
Kampoeng Kopi Banaran, Kebun Teh Kaligua dan wisata sejarah di PG Tasikmadu dan
PG Pangka.
Pada PT Cisarua Mountain Dairy (Cimory) sejak
tahun 2006 melakukan diversifikasi dengan menghasilkan susu pasteurisasi dan
produk turunan olahan susu. Dan pada tahun 2013 membangun Cimory on The Valley,
Restaurant & Milk Factory.
B.
DASAR
PELAKSANAAN KKL
C.
TUJUAN
KKL
Dengan adanya kegiatan KKL ini
bertujuan untuk mengembangkan materi yang didapat para mahasiswa di dalam
perkuliahan dan berkenaan dengan konsep dan teori yang didapatkan dari kegiatan
KKL ini kita dapat mengetahui gambaran tentang kegiatan pembelajaran di
lapangan. Adapun tujuan KKL lainya adalah :
1. Menambah
wawasan dan pengetahuan bagi para mahasiswa yang setelah lulus akan menghadapi dunia
kerja.
2. Meningkatkan
minat mahasiswa dalam dunia usaha, baik dalam membangun atau mengembangkan
usaha.
D.
SASARAN
KKL
Sasaran
diadakannya kegiatan KKL yaitu mahasiswa semester V (lima) dan VII (tujuh)
E.
STATUS
DAN BEBAN AKADEMIK
Kegiatan KKL
ini memiliki status wajib
dilaksanakan bagi peserta karena menjadi syarat pelaksanaan proses pembelajaran
yang harus ditempuh dengan beban akademik yang terkandung sebesar 1 (satu) SKS.
F.
WAKTU KEGIATAN
Hari,
tanggal : Selasa, 19 Januari 2016-01-20
16
Pukul : 05.00 WIB – 21.00 WIB
G.
TEMPAT
KKL
Tempat I :
Kopi Banaran Bawen
Alamat : Jl. Raya Semarang – Solo KM 35
Bawen, Kab Semarang.
Nomor Telepon (0298) 7101770
Email: promo@kampoengkopibanaran.com
Website: www.kampoengkopibanaran.com
Nomor Telepon (0298) 7101770
Email: promo@kampoengkopibanaran.com
Website: www.kampoengkopibanaran.com
Tempat II :
Cimory
on the Valley, Restaurant & Milk Factory.
Alamat: Jalan Raya Soekarno Hatta KM 30 Bawen
Alamat: Jalan Raya Soekarno Hatta KM 30 Bawen
Kabupaten Semarang
Nomor Telepon: 024-6921818.
Email: info@cimory.com
Website: www.cimory.com
Nomor Telepon: 024-6921818.
Email: info@cimory.com
Website: www.cimory.com
BAB II
MEKANISME DAN PELAKSANAAN
A. MEKANISME
KKL
Sesuai dengan
mata kuliah yang telah ditetapkan dalam standar akademik Universitas PGRI
Yogyakarta maka diadakan KKL (Kuliah Kerja Lapangan) di semester gasal.
Kegiatan KKL ini berwujud kunjungan industri dan kemudian akan dibuat pelaporan
berupa Laporan KKL sebagai pertanggung jawaban dari kegiatan tersebut.
B. PELAKSANAAN
KKL
Pelaksanaan KKN
dilakukan dibeberapa tempat, dengan 2 (dua) tempat sebagai tempat kunjungan
industri dan beberapa tempat lainnya sebagai tempat rekreasi. Tempat kunjungan
industri berada di Kampoeng Kopi Bawean dan
Cimory. Sedangkan tempat rekreasi berada di Kampung Terapung Rawa Pening
dan Kampoeng Semarang. Jadwal rundown kegiatan KKL dapat dilihat pada Lampiran.
Dalam
pelaksanaan KKL 2016 ini didampingi oleh Dosen Pembimbing yang mengikuti
kegiatan ini, yaitu
Bapak Hari Purnama, S.E, M.M , Ibu Vidya Vitta Adhivinna, M.Si, Ak.
Sedangkan untuk
Dosen Pembimbing penulisan Laporan KKL kelompok ini adalah Bapak Hari Purnama, S.E, M.M.
BAB III
LAPORAN HASIL KKL
A.
PT
PERUSAHAAN NEGARA IX KOPI BANARAN
PT Perkebunan
Nusantara (PTPN) IX Jateng pada tahun ini fokus pada pengembangan unit usaha
agrowisata di setiap perkebunannya. Hal itu dilakukan karena penjualan
komoditas andalan perkebunan pada perdagangan nasional dan internasional belum
stabil. Menurut Direktur Utama Banaran Resto Adi Prasongko saat meresmikan
Cabang Banaran 9 Resto Coffee and Tea di kompleks wisata Sindu Kusuma Edupark
Yogyakarta tanggal 12 Januari 2016 pada laman berita.suaramerdeka.com ;
pada tahun 2014 dari sejumlah usaha agrowisata di seluruh perkebunan PTPN IX
meraih laba bersih sekitar Rp 5 miliar. Hal tersebut merupakan peluang bisnis
yang sangat menguntungkan dan akan terus dikembangkan karena banyak peminat dan
menunjang pariwisata. Banaran Resto, merupakan usaha pendukung yang memasarkan
produk- produk unggulan PTPN IX, yakni kopi, teh, gula, pala, dan lainnya.
Beberapa cabang ditunjang fasilitas wisata dan pendukungnya, misalnya hotel,
wahana permainan, serta displai produk unggulan, sangat menjanjikan bagi
pendapatan perusahaan sehingga menjadi pendorong kelangsungan perusahaan.
Selanjutnya, beliau mengatakan bahwa agrowisata akan terus dikembangkan karena
sangat menjanjikan. Perusahaan akan terus menginvestasikan keuntungan ke
situ,’’ jelas Adi didampingi General Manager Banaran Resto, Petrus Budiman.
Banaran Resto berpusat di Kampung Kopi Banaran Bawen, Kabupaten Semarang. Cabangnya
Banaran Gemawang Jalan Raya Semarang- Magelang, Banaran Warnasari Jalan Raya
Banjar-Majenang, Banaran Banyumanik Semarang, dan yang baru dibuka di kompleks
wisata Sindu Kusuma Edupark Yogyakarta. ‘’Akhir tahun lalu kami meresmikan
cabang di kawasan wisata Sentral Park Kebun Balong, Jepara. Kami akan terus
menambah cabang untuk pengembangan agrowisata,’’ tegas beliau. Agrowisata
lainnya yang dimiliki PT PN IX diantaranya Kebun Kaligua di Paguyuban Brebes; Kebun
Semugeh, Agrowisata Sundokoro Karanganyar; Wisata Sejarah dan Edukasi Pabrik
Gula Pangka, Tegal; serta Wisata Sejarah dan Edukasi Pabrik Gula Gondang Baru,
Klaten.
Agrowisata
Kampoeng Kopi Banaran merupakan bagian dari Kebun
Getas/Assinan/Banaran, PT Perkebunan Nusantara IX (Persero).
Kebun Getas/Assinan/Banaran merupakan penggabungan dari dua kebun yang semula
berdiri sendiri yaitu :
a. Kebun Getas, dengan budi daya tanaman karet
b. Kebun Assinan/Banaran dengan budi daya kopi dan kakao.
Menejemen operasional Kebun
Getas/Assinan/Banaran dipimpin oleh seorang Administratur yang membawahi dua
Sinder Kepala yaitu Sinder Kepala Getas yang mengelola tanaman karet, dan
Sinder Kepala Assinan/Banaran yang mengelola tanaman kopi serta agrowisata
Kampoeng Kopi Banaran.
Menurut Anual Report PT PN IX
yang diterbitkan pada laman www.scribd.com
,kinerja PTPN IX (Persero) di tahun 2006 menunjukkan hasil yang cukup menggembirakan
dengan angka penjualan mencapai Rp1.092,6 miliar dan laba usaha sebesar Rp
261,1 miliar serta laba sebelum pajak sebesar Rp 154,4 miliar. Apabila
dibandingkan dengan realisasi tahun 2005, maka penjualan tahun 2006 meningkat
sebesar15,54%, sedangkan laba usaha meningkat sebesar 59,12% dan laba sebelum
pajak meningkat sebesar 11,97%. Sedangkan total aset per 31 Desember 2006
ditutup dengan jumlah Rp 924,7 miliar dan total ekuitas mencapai sebesar Rp
190,6 miliar. Apabila dibandingkan dengan realisasi tahun 2005, total aset dan
ekuitas mengalami pertumbuhan masing-masing sebesar 7,90% dan261,73%. Dan
disebutkan bahwa pencapaian kinerja tahun 2006 tidak lepas dari berbagai upaya,
salah satu diantaranya diantaranya memanfaatkan peluang yang ada untuk
meningkatkan pendapatan perusahaan dengan cara mengembangkan wisata agro di
lokasi perusahaan yang potensial seperti Kampoeng Kopi Banaran, Kebun Teh
Kaligua dan wisata sejarah di PG Tasikmadu dan PG Pangka.
B.
PT
CISARUA MOUNTAIN DAIRY
Pada awalnya
Cimory merupakan Industri Pengolahan Susu (IPS) yang sangat peduli dengan
kehidupan peternak susu di Indonesia. Dalam upaya untuk mengurangi impor susu
bubuk serta menaikkan taraf hidup para peternak, Cimory menyerap susu lokal
dengan harga sangat baik. Kemudian pada tahun 2009 Media Bisnis Indonesia
memberikan penghargaan “Anugerah Produk Asli” kategori susu cair dilanjutkan
dengan penghargaan “Adiguna satwa Nugraha” tahun 2010 sebagai produk turunan susu
yang paling lengkap dan inovatif. Hal tersebut sangat membanggakan mengingat
Cimory baru menekuni industri ini selama 4 (empat) tahun.
Kemudian pada
tahun 2013 membuka Cimory Resto di Bawen Karangjati Ungaran Semarang. Resto
tersebut merupakan resto ke 3 yang dibangun oleh Cimory. Resto tersebut
merupakan diversifikasi usaha Cimory dengan adanya industri pengolahan susu
baru di dalam resto tersebut serta sebuah shop sebagai tempat penjualan produk
Cimory.
Konsep dari
resto tersebut adalah bisa melakukan
aktivitas secara bersama dalam satu tempat, yaitu bisa menikmati wisata agronya
dengan melihat peternakan sapi,tempat bermain anak dan taman, juga bisa
menimati produksi asli dan produk turunan susu Cimory seperti susu,
yogurt,makanan saji dan keju serta bisa
melihat proses pembuatan olahan susu.
Dalam
operasionalnya, Resto cimory melakukan berbagai kegiatan untuk menarik minat
pengunjung, diantaranya :
1. Cimory
Dairy Tour dengan dipungut biaya per orang Rp 60.000,- dengan minimal 20 orang
peserta dengan kegiatan mengunjungi peternakan sapi, melihat pabrik susu,
menonton film edukasi dan makan siang bersama.
2. Cimory Farm yaitu dengan membayar Rp 10.000,-
sudah bisa masuk peternakan dan mendapat sebotol susu kedelai dan berkeliling
resto.
Konsep tersebut
menjadi menejemen operasioanal pemasaran sehingga dapat mengenalkan produk
Cimory secara langsung kepada masyarakat. Jika produk disukai oleh masyarakat
maka akan menambah penjualan produk sehingga pendapatan perusahaan akan
bertambah. Pendapatan yang bertambah, meningkatkatkan laba perusahaan sehingga
dapat menjaga kelangsungan usaha.
Contoh
pendapatan tambahan yang didapat Resto Cimory dari hasil kunjungan industri
yang dilakukan mahasiswa UPY Fakultas Ekonomi tanggal 19 Januari 2016 adalah Rp
10.000,- x 100 orang = Rp 1.000.000,-
BAB IV
PENUTUP
KESIMPULAN
Diversifikasi produk adalah
penganekaragaman produk yang dilakukan dengan
tujuan agar suatu perusahaan dapat memaksimalkan penggunaan asset yang
ada sehingga laba yang diperolehpun akan menjadi maksimal dan perputaran arus
kas menjadi lebih stabil sehingga kepercayaan pemegang saham tetap terjaga.
Hal tersebut diatas juga
dilakukan oleh PTPN IX. PTPN IX tidak hanya mengandalkan laba perusahaan
melalui pabrik kopi dan perkebunan saja melainkan juga membuka Kampung Resto
Banaran sebagai tempat tujuan wisata kuliner. Selain itu PTPN IX juga membuka
beberapa cabang agrowisata yang pada tahun 2014 lalu mencapai laba bersih
sekitar 5 milyar.
Hal serupa juga dilakukan oleh
PT. Cisarua Mountain Dairy. PT. Cisarua Mounain Dairy adalah perusahaan yang
bergerak di bidang Industri Pengolahan Susu. Diversivikasi produk yang
dilakukan oleh PT. Cisarua Mountain Dairy adalah dengan membuka resto serta
taman edukasi untuk anak-anak. Dengan adanya resto serta taman edukasi ini maka
akan menambah pendapatan perusahaan sehingga menjaga kelangsungan operasional
perusahaan.
KETERBATASAN
Dalam kegiatan Kuliah Kerja
Lapangan (KKL) ada beberapa keterbatasan yang ada dilapangan yaitu
1.
Keterbatasan
Waktu
Dalam pelaksanaan
Kuliah Kerja Lapangan waktu yang diberikan untuk memperoleh data dan informasi
untuk perusahaan sebesar PTPN IX dan PT. Cisarua Mountain Dairy sangat
terbatas. Sehingga mungkin kami harus memaksimalkan waktu untuk memperoleh
informasi yang maksimal.
2.
Keterbatasan
Informasi,
Pemaparan dari pihak PTPN IX sendiri hanya sekilas
tentang proses produksi saja, sementara banyak yang sebenarnya ingin kami
ketahui lebih dari sekedar proses produksi, dan waktu bertanya dan penanya pun
dibatasi. Saat itu hanya ada 3 mahasiswa yang bertanya sehingga kami kurang
begitu banyak mendapatkan informasi.
Saat di PT. Cisarua Mountain
Dairy kami seperti hanya berwisata, tidak ada narasumber khusus yang disiapkan
untuk kita memperoleh informasi disana. Kami hanya sedikit memperoleh informasi
dari salah satu karyawan yang baru bertugas disana.
SARAN
Kuliah Kerja Lapangan yang kami
lakukan memang belum begitu optimal, namun secara keseluruhan sudah berjalan
dengan lancar walaupun ada beberapa keterbatasan kendala non teknis yang
menurut kelompok kami dapat teratasi dengan baik. Untuk keterbatasan yang ada mungkin kedepan
dalam pelaksanaan Kuliah Kerja Lapangan perusahaan yang dikunjungi dapat
memberikan narasumber khusus dari bagian manajemen dan keuangan yang lebih memaparkan
informasi mengenai kondisi ekonomi dan manajemen perusahaan mengingat mahasiswa
yang Kuliah Kerja Lapangan adalah dari Fakultas Ekonomi sehingga ilmu yang kami
serap sinkron dengan apa yang kami dapat di Kuliah Kerja Lapangan.
Dear : Custumer Import & Domestik
BalasHapusKami dari Pt Tunggal Wahana Indah Nusantara mengajukan penawaran kerjasama dalam bidang pengurusan barang Import RESMI & BORONGAN.
Services Kami,
Customs Clearance Import sistem Resmi maupun Borongan
Penanganan secara Door to Door ASIA & EROPA Sea & Air Service
Penyediaan Legalitas Under-Name (Penyewaan Bendera Perusahaan)
Pengiriman Domestik antar pulau seluruh Indonesia laut dan Udara atau Darat.
Berikut Attecment terlampir.
Terima kasih atas kepercayaan kepada kami, semoga kerjasamanya berjalan dengan lancar.
Jika ada yang ingin dipertanyakan, silahkan hubungi kami di Nomor Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Whatssapp : 0819-0806-0678 E-Mail : andijm@twin.co.id
Best Regards,
Mr. Andi JM
Hp Whatssapp : 0819-0806-0678 / 0813-8186-4189
= = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = == = = = =
PT TUNGGAL WAHANA INDAH NUSANTARA
Jl. Raya Utan Kayu No.105 B Jakarta Timur 13120 Indonesia
Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Fax : +62 21 8591-7812
Email : andijm.logistics@gmail.com, andijm@twin.co.id
Web : www.twinlogistics.co.id, www.twin.co.id